Senin, 11 Agustus 2008

MENU SEHAT DIABETES MELLITUS

Makanan memiliki peran penting bagi siapa pun. Terlebih bagi para pengidap penyakit tertentu. Kita harus tahu bagaimana sebaiknya pengaturan makanan yang sesuai dengan sifat penyakit tersebut, termasuk mengetahui seberapa banyak zat gizi yang dibutuhkan. Mulai dari bahan makanan yang dianjurkan sampai cara pengolahannya diulas dalam buku ini.

Kekeliruan mengonsumsi makanan tertentu dapat mengundang masalah baru. Yang perlu diperhatikan bagi penderita diabetes mellitus yaitu :

- Pengaturan Pola Makan Sehat bagi Diabetesi
- Pemilihan Bahan Makanan

Apa yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes melitus? Bagaimana memperhatikan betul terhadap perencanaan makanan yang baik dan sehat. Bagaimana yang baik dan sehat?

Penderita diabetes melitus harus menghindari makanan yang manis. Yang dimaksud manis murni tersebut diantaranya gula pasir, gula merah dan madu. lebih-lebih pemanis essence juga sama sekali tidak diperbolehkan.

Jenis makanan yang harus dihindari termasuk yang berkarbohidrat tinggi dan buah berkalori tinggi, seperti mangga, anggur, cempedak, nangka, durian dan pisang raja. untuk itu jadual makanan harus memperhatikan frekuensi jumlah makanan yang tepat dengan komposisi; tiga kalimakanan utama, 2-3 kali makanan selingan. Dengan demikian harapannya makanan yang diasup intervalnya tiga jam sekali.

Kalori yang dibutuhkan dalam waktu sehari harus mencapai komposisi seimbang. nah, agar mencapai komposisi tersebut sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi anda. Sebab masing-masing individu memiliki berat badan yang berbeda. Dengan konsultasi anda akan memperoleh arahan yang tepat untuk mengatur pola makanan yang seimbang seperti yang diharapkan.

Menu Makanan Diabetes Melitus


Makan Pagi : Pk. 06.30 WIB
Sepiring nasi 100 gr
Telur dadar / ceplok
Tumis kacang panjang & wortel
Tahu goreng
Teh tanpa gula

Atau pengganti : segelas Diabetasol dgn 4 sendok takar susu

Makan Selingan : Pk 10.00 WIB
Kentang Rebus 1 potong atau Krekers asin 2 potong

Makan Siang : Pk 12.00 WIB
Sepiring nasi 100 gr
Ikan acar kuning
Sayur bening (bayam)
Tempe bacem
Buah pepaya

Makan Sore : Pk. 16.00 WIB
Agar-agar pisang

Makan Malam: Pk. 19.00 WIB
Sepiring nasi 100 gr
Ayam bakar
Sayur asem
Mendhoan

Atau pengganti : segelas Diabetasol dgn 4 sendok takar susu


Tidak ada komentar: